Your Cart

 #SehatTerusYuk bisa #BayarNanti

Hubungi Kami Sekarang : 021 – 58357113 atau via WhatsApp

Mengapa Banyak Atlit yang Sulit Sekali Sembuh Total dari Cedera Lutut dan Engkel?

Dalam konteks pertanyaan Anda,

Kenapa lutut dan ankle paling sulit terutama untuk para atlet (yang kita tahu membutuhkan fisik ekstra dan mobilitas di atas rata-rata), itu dikarenakan:

  1. Anatomi tubuh manusia yang diciptakan vertikal tegak dua kaki (bukan berkaki empat misalnya di mana stres beban terbagi ke lebih banyak titik = less stress).
  2. Tarikan gravitasi bumi ke bawah (inti bumi); manusia tidak bisa terbang.
  3. Sifat avascular persendian (cek baris bawah untuk penjelasan ini).

Bagian lower body lah yang menanggung stres dan beban berat SELURUH tubuh+tarikan gravitasi bumi itu.

Terbayang bila, kalau lutut dan ankle sudah cidera (bahkan parah),

Bisa-bisa tamat sudah karier si atlet tersebut (tidak bisa berlari/melompat maksimal) seperti biasanya, untuk berjalan normal saja mungkin sudah susah/aneh jalannya!

Tapi, saya ingin menambahkan, dalam anatomi tubuh manusia SEMUA persendian krusial untuk pergerakan kompleks, bukan hanya lutut dan engkel.

 

Persendian adalah tempat bertemunya kedua jenis tulang (sambungan), tanpa keberadaan mereka maka tulang tidak bisa bergerak.

Bayangkan saja tubuh manusia jika tanpa tulang = seperti kaos kaki yang lembek dan langsung jatuh terkulai jika dicoba didirikan; Tanpa ada sendi = tubuh bergerak kaku lurus seperti robot (tidak bisa menekuk, memutar dll)!

 

Cermati baik-baik gambar jenis persendian di atas, dan temukan bahwa setiap persendian memiliki karakternya masing-masing, ada yang bisa untuk memutar, menekuk, dll.

Tapi, itu semua ada limit gerakannya (sudutnya), hindari stres berlebih (secara terus menerus apalagi) dari setiap limit sendi terkait, itu lah yang biasanya bikin cidera akut!

Sayangnya,

Persendian adalah salah satu bagian tubuh manusia yang memiliki sifat “avascular” (jarang/tidak mendapatkan/dilewati pembuluh darah) = akibatnya tidak/kurang mendapatkan suplai nutrisi yang diedarkan darah.

Sekalinya cidera, bisa lama sekali sembuhnya, bahkan butuh terapi khusus dan obat/suplemen tertentu.

Aging atau penuaan (degeneratif) juga berpengaruh pada kesehatan sendi; semakin tua manusia maka semakin rapuh juga tulang dan persendiannya, sudah ciptaan dari sananya.

Kesimpulan

Apa pun aktivitas Anda, rawatlah tubuh Anda baik-baik.

Tidak ada (atau belum ada) spare parts-nya yang jual ataupun yang membuatnya.

Saya pun berolahraga (beban) intens hampir setiap hari, tapi soal persendian saya sangat sangat waspada karena risikonya bisa ditanggung seumur hidup!

Tapi, itu tidak berarti saya berhenti untuk tidak melakukan apa-apa, itu namanya KONYOL,

  • Apa seharian makan tidur saja?

Saat berolahraga kita harus tahu limit kemampuan diri (sesuai perkembangan) dan sebisa mungkin menghindari cidera persendian (kalau pegal otot sih sudah biasa, beberapa hari juga sembuh dengan nutrisi yang baik dan istirahat yang cukup).

Be safe!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

FREE DELIVERY

About 20Km

TRX ON DELIVERY

We Accept Debit Or Credit Card

24/7 WHATSAPP

About Services & Guarantee

CONTACT US

021 - 58357113

X